Matabanten.com | Pandeglang - Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Mochamad Hasbi Asyidiki, menyerukan kepada masyarakat agar menjaga persatuan dan kesatuan dalam menghadapi Pemilu 2024.

Pernyataan itu disampaikan Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Mochamad Hasbi Asyidiki, usai memberikan bantuan sosial kepada masyarakat di Aula Gedung MUI Pandeglang.

Menurut Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Mochamad Hasbi Asyidiki, waktu Pemilu 2024 sudah dekat.

“Saya sih mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Pandeglang, Lebak, dan Banten pada umumnya jangan sampai karena perbedaan pilihan politik memecah belah kerukunan sesama anak bangsa,” katanya kepada RADARBANTEN.CO.ID usai membagikan bantuan sosial di Aula Gedung MUI Kabupaten Pandeglang, Selasa, 21 November 2023.

Hasbi menjelaskan, seperti sudah diketahui bersama, pada Pemilu 2014 dan Pemilu 2019 itu harus menjadi perhatian bersama. Khususnya untuk Pilpres 2014 dan Pilpres 2019 itu sangat mempengaruhi kerukunan sesama warga bangsa. 

“Bagaimana dalam sebuah data yang dirilis oleh Pemerintah itu seluruh Indonesia, telah terjadi perceraian tahun 2019 itu sebanyak 419.000 pasangan bercerai. Penyebabnya karena perbedaan pilihan calon Presiden,” katanya.

Padahal, nilai-nilai demokrasi adalah nilai-nilai kebebasan memilih. Artinya, walaupun itu sekeluarga terjadi perbedaan pilihan itu wajar.

“Karena itulah nilai demokrasi. Makanya saya mengimbau jangan sampai perbedaan politik di tahun politik akan datang ini memecah belah kerukunan antar sesama anak bangsa,” katanya.

Hasbi menyerukan kepada semua elemen masyarakat agar bersama-sama menjaga persatuan. Serta, saling menghormati dan menghargai ketika berbeda pilihan.

“Mari kita bersatu sesuai dengan perintah Pancasila di butir ketiga, yaitu Persatuan Indonesia. Bahwa siapa pun yang terpilih, kita tetap harus mengikuti peraturan karena kita negara hukum, hukum yang mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara maupun bermasyarakat,” katanya.