Matabanten.com | Opini  - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan pelaku pelayaran di Perairan Selat Sunda bagian utara, Provinsi Banten relatif aman untuk keselamatan, karena tinggi gelombang normal hanya 1.25 meter.
 
"Saat ini cuaca di Perairan Selat Sunda bagian utara normal," kata Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang, Tatang Rusmana di Serang, Banten, Kamis.
 
Pelaku pelayaran yang melintasi Perairan Selat Sunda bagian utara sepanjang Kamis pagi hingga dini hari relatif aman, karena tinggi gelombang di perairan itu hanya 1.25 meter.
Sebelumnya, kata dia, Perairan Selat Sunda bagian selatan cukup membahayakan bagi pelaku pelayaran.
 
Namun, saat ini cuaca sudah kembali normal sehingga pelaku pelayaran yang melintasi Perairan Selat Sunda bagian utara relatif aman untuk keselamatan mereka.
 
Pelaku pelayaran itu mulai perahu nelayan, kapal ferry, kapal tongkang, kapal pesiar , kapal tongkang dan kapal kargo.
 
Bahkan, penumpang penyeberangan Pelabuhan Merak - Bakauheni pada liburan Natal dan Tahun Baru mulai ramai.
 
Penyeberangan Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni yang menggunakan kapal ferry aman melintasi Selat Sunda bagian utara itu.
 
Sebab, tinggi gelombang berkisar antara 0.50 sampai 1.25 meter tidak menimbulkan kecelakaan laut.
 
Sementara itu, Perairan Selatan Banten, Selat Sunda bagian Selatan dan Samudera Hindia Selatan Banten cukup membahayakan bagi keselamatan pelaku pelayaran.
 
Tinggi gelombang di perairan itu berkisar antara 1.25 meter sampai 2.50 meter cukup resiko terhadap keselamatan bagi pelaku pelayaran.
 
"Kami minta warga, wisatawan dan pelaku pelayaran yang melintasi Perairan Selatan Banten waspada untuk menghindari kecelakaan laut," katanya.