Matabanten.com | Gaya Hidup First impression atau kesan pertama memang sangatlah penting, terutama ketika wawancara kerja. Kesan pertama yang baik dapat membuat pewawancara terkesan dan lebih tertarik.

Sebaliknya, kesan pertama yang buruk dapat membuat pewawancara berpikir negatif dan peluang untuk mendapatkan pekerjaan tersebut menjadi kecil. Berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan first impression yang baik saat wawancara pertama:

1. Datang tepat waktu

Datang tepat waktu adalah hal yang paling penting untuk membuat first impression yang baik. Hal ini menunjukkan sikap menghargai waktu pewawancara dan keseriusan dalam mendapatkan pekerjaan tersebut.

2. Berpenampilan profesional

Penampilan profesional akan membuat Anda terlihat lebih percaya diri dan kredibel. Pilihlah pakaian yang bersih, rapi, dan sesuai dengan budaya perusahaan tempat melamar.

3. Bersikap sopan dan ramah

Salah satu cara untuk membuat first impression yang baik adalah dengan bersikap sopan dan ramah kepada pewawancara. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan kontak mata, tersenyum, dan mengucapkan salam yang sopan.

4. Perhatikan bahasa tubuh

Bahasa tubuh juga dapat mempengaruhi first impression. Pastikan untuk duduk dengan tegak, menjaga kontak mata, dan menghindari gestur yang negatif, seperti melipat tangan atau membungkuk.

5. Bicaralah dengan jelas dan percaya diri

Berbicara dengan jelas dan percaya diri akan menunjukkan bahwa memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Pastikan untuk berbicara dengan suara yang cukup keras dan jelas, dan hindari menggunakan jargon atau bahasa yang terlalu teknis.

6. Persiapkan diri

Sebelum wawancara, pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik. Cari tahu informasi tentang perusahaan dan posisi yang dilamar. Berlatih juga untuk menjawab pertanyaan wawancara umum.

7. Tanyakan pertanyaan

Pada akhir wawancara, pewawancara biasanya akan memberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan. Gunakan kesempatan ini untuk menunjukkan ketertarikan dengan perusahaan dan posisi tersebut.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, ini dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan first impression yang baik saat wawancara pertama.