Matabanten.com | Seni Budaya - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang mengenalkan Tari Berendeng Nusa yang merupakan salah satu tari khas Kota Tangerang pada Festival Cisadane 2023.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang, Rizal Ridolloh di Tangerang, Kamis mengatakan Tari Berendeng Nusa merupakan salah satu tari yang merepresentasikan budaya khas Kota Tangerang.

Tari Berendeng Nusa identik dengan kostum bernuansa kombinasi dari berbagai budaya. Tari ini dibawakan oleh puluhan remaja perempuan dengan iringan lantunan Gambang Kromo yang merupakan salah satu Warisan Budaya Tak Benda asal Kota Tangerang.

"Tari Berendeng Nusa menjadi suguhan aksi budaya menarik yang akan membawakan nama harum Kota Tangerang," katanya.

Pada Festival Cisadane 2023, Tari Berendeng Nusa dikenalkan kepada masyarakat pada acara pembukaan Rabu (22/11) agar populer di kalangan masyarakat.

"Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, festival kali ini menjadi kesempatan pertama kali Tari Berendeng Nusa dikenalkan kepada publik secara luas," ujarnya

Rizal mengaku, penampilan Tari Berendeng Nusa ini berhasil memukau ratusan pengunjung yang hadir. Lebih dari itu juga menjadi bukti kekayaan dan keanekaragaman budaya di Kota Tangerang.

"Festival Cisadane 2023 mengangkat berbagai budaya lokal Kota Tangerang lainnya seperti barongsai khas China Benteng sampai musik Gambang Kromo yang lekat dengan budaya Betawi," pungkas Rizal Ridolloh.