Matabanten.com | Gaya Hidup - Tidak hanya manusia, hewan peliharaan juga rentan terhadap penyakit kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan, salah satunya anjing. Salah satu penyebab menurunnya kesehatan otak pada hewan peliharaan adalah kurangnya rangsangan mental.

Kebosanan dan kesepian pada anjing dapat mendorong perilaku destruktif dan agresif mereka.

"Merawat hewan kesayangan Anda tidak hanya sekadar memastikan kesejahteraan fisiknya; memberikan stimulasi mental pada anjing Anda juga sama pentingnya. Ada banyak cara untuk meningkatkan kesejahteraan mental hewan berbulu kita," kata Dr Umesh Kallahali, Small Konsultan Hewan, Mars Petcare India yang ditulis laman Hindustan Times, Rabu (24/1).

Ia memberikan tips bagi yang mengasuh hewan peliharaan agar dapat memastikan kebahagiaan dan kesehatan hewan peliharaan mereka.

Pertama, anjing sangat menikmati bermain dengan mainan, terutama yang menantang mentalnya. Mainan seperti pengumpan puzzle dan mainan interaktif sangat baik untuk menjaga anjing Anda tetap terhibur dan terstimulasi secara mental.

Pastikan memilih mainan yang terbuat dari bahan yang aman untuk menjamin kesehatan anjing dan kucing Anda. Selalu awasi teman berbulu Anda saat bermain untuk memastikan mereka tetap aman dan bersenang-senang.

Tips selanjutnya, menghabiskan waktu bermain dengan hewan peliharaan Anda adalah bagian yang menyenangkan dan penting untuk memperkuat ikatan Anda dengan mereka. Permainan seperti petak umpet atau berburu harta karun bisa menyenangkan bagi hewan peliharaan Anda, mengajak mereka jalan-jalan.

Namun, jangan biarkan permainan menjadi terlalu kasar, karena hal ini dapat membuat anjing secara tidak sengaja mengizinkannya untuk berperilaku yang mungkin tidak disukai orang lain di kemudian hari. Hindari bermain-main dengan batu, terutama dengan anjing muda, untuk mencegah risiko patah gigi.

Jika Anda memutuskan untuk bepergian dengan hewan peliharaan, pastikan mengetahui cara merawatnya dan memenuhi kebutuhannya selama perjalanan. Beberapa hotel bahkan memanjakan hewan peliharaan dengan layanan khusus. Untuk memastikan petualangan yang lancar dan menyenangkan, rencanakan terlebih dahulu dan pastikan Anda dan hewan peliharaan siap untuk perjalanan tersebut.

Pastikan memilih hotel ramah hewan peliharaan yang juga menawarkan fasilitas lain untuk anjing Anda. Bawalah makanan hewan peliharaan dalam kemasan untuk menjaga nutrisinya terpenuhi.

Selain itu, penting bagi anjing Anda untuk bersosialisasi dengan hewan peliharaan lain dan berteman. Baik di sekolah anak anjing, di lingkungan sekitar, di taman, atau menjelajahi perdesaan, berinteraksi dengan orang lain membantu anjing Anda menjadi lebih nyaman berada di dekat berbagai hewan dan orang, yang juga membuat hewan peliharaan menjadi lebih bahagia.

Tips terakhir adalah libatkan pikiran anjing dengan mengajari mereka trik baru dan melakukan pelatihan ketangkasan. Hal ini tidak hanya membuat mereka terstimulasi secara mental tetapi juga memperkuat ikatan antara Anda dan teman berbulu.

Ini adalah cara yang menyenangkan untuk menantang mereka, melibatkan dan membuat mereka tetap aktif.