Matabanten.com | Ekonomi - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, Banten telah bekerjasama dengan tiga hotel untuk memasarkan produk UMKM agar dikenal wisatawan dalam dan luar negeri.

"Dan sekarang UMKM terbaik Kota Tangerang hadir di Hotel Golden Tulip. Sebelumnya telah bekerjasama dengan Hotel Mercure dan Hotel The101 Jakarta Airport," kata Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin saat meresmikan gerai UMKM, di Hotel Golden Tulip, Kota Tangerang, Jumat.

Ia mengatakan kerja sama dalam bidang pemasaran ini merupakan komitmen Pemkot Tangerang dalam mendukung pertumbuhan UMKM.

Melalui program UMKM Goes to Hotel yang dijalankan sejak Juni 2023, Pemkot Tangerang menjembatani para pelaku UMKM untuk melebarkan sayap bisnisnya serta sarana promosi produk unggulannya.

Dia berharap dengan hadirnya produk UMKM di hotel, karya-karya terbaik hasil dari pelaku UMKM semakin terpublikasi dan dikenal luas oleh masyarakat maupun wisatawan yang berkunjung ke Kota Tangerang.

"Jadi makin gampang buat beli oleh-oleh khas Kota Tangerang. Selain di sentra oleh-oleh, bisa beli juga di hotel," katanya pula.

Untuk diketahui, UMKM Goes to Hotel di Hotel Golden Tulip menghadirkan produk unggulan dari 25 UMKM Kota Tangerang mulai dari produk kriya, makanan kemasan, garmen hingga suvenir yang telah melalui tahap kurasi.

Peresmian gerai UMKM di Hotel Golden Tulip dihadiri Direktur Utama PT Buana Sabas Fattah Rahmat Kuncoro, General Manager Hotel Golden Tulip Essential Tangerang Angel Sugandhi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang Rizal Ridolloh, Kepala Bidang Pemberdayaan UMKM Disperindagkop UKM Kota Tangerang Dewi Tritunyati Amperawati, Ketua UMKM Tangerang Raya Azdin Akbar serta para pelaku UMKM Kota Tangerang.

Kepala Bidang Pemberdayaan UMKM Disperindagkop UKM Kota Tangerang Dewi Tritunyati Amperawati menambahkan, Hotel Golden Tulip Essential dipilih menjadi lokasi gerai UMKM karena menjadi lokasi yang cocok untuk memasarkan produk UMKM dikenal oleh wisatawan luar.

"Hotel Golden Tulip Essential sendiri menjadi salah satu hotel yang ramai dikunjungi wisatawan dari luar daerah," katanya pula.

General Manager Hotel Golden Tulip Essential Tangerang Angel Sugandhi mengaku senang bisa turut serta membantu memasarkan produk lokal khas Kota Tangerang.

Hal ini juga sebagai upaya dalam memudahkan tamu atau wisatawan yang menginap di Hotel Golden Tulip Essential yang ingin membeli oleh-oleh khas Kota Tangerang di galeri hotel.

“Tentunya selain telah diproses kurasi oleh manajemen UMKM Tangerang Raya, kami juga memiliki beberapa standar pemilihan produk apa saja yang layak ada di galeri kami. Seperti produk batik yang tak hanya berbahan kualitas premium, namun juga batiknya pun harus khas Kota Tangerang. Sedangkan untuk produk makanan harus memiliki packaging menarik dan rasanya enak,” kata dia lagi.