MATABANTEN.COM | Hukum - Anggota Unit Resmob, Satreskrim Polres Serang, menyergap JN (54). JN merupakan pelaku pencurian besi pengaman jalan di Tol Tangerang-Merak.

Pelaku disergap saat bersembunyi di Tol Tangerang-Merak KM 58, Desa Undar-Andir, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, Minggu malam, 26 November 2023.

Kapolres Serang, AKBP Wiwin Setiawan mengatakan, penangkapan terhadap warga Desa Tegalmaja, Kecamatan Kragilan, tersebut berawal dari laporan masyarakat yang mencurigai sepeda motor yang sedang diparkir di samping jalan tol.

Dari informasi tersebut, polisi berkoordinasi dengan Ditpamobvit Polda Banten dan Astra Infra Tangerang-Merak selaku operator Tol Tangerang-Merak.

“Setelah koordinasi, petugas melakukan pengecekan di sejumlah tempat dan didapati besi pengaman jalan serta baut yang hilang,” kata Wiwin, Selasa, 28 November 2023.

Petugas kemudian melakukan penyisiran di pinggiran jalan tol untuk mencari pelaku. Saat penyisiran di KM 68, polisi mendapatkan barang bukti kejahatan dan pelaku yang bersembunyi di semak-semak.

“Barang bukti yang diamankan dari pelaku berupa tiga buah besi, 13 baut, kunci Inggris, obeng, dan kunci pas serta mata gergaji,” kata Wiwin.

Barang bukti dan pelaku tersebut oleh petugas dibawa ke Mapolres Serang.

Di hadapan penyidik, pelaku mengaku telah melakukan pencurian besi pembatas jalan tol tersebut. Bahkan, tindakannya tersebut telah dilakukan sebanyak delapan kali.

“Pelaku melakukannya seorang diri dan diketahui sudah delapan kali melakukan pencurian besi pengaman jalan tol,” ujar Wiwin didampingi Kasatreskrim Polres Serang, AKP Andy Kurniadi.

Wiwin mengungkapkan, besi pengaman jalan tersebut dijual pelaku kepada pedagang rongsokan keliling. Uang hasil penjualan besi tersebut digunakan pelaku untuk kebutuhan sehari-hari.

“Besi tersebut dijual ke pedagang rongsok. Uangnya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari,” tutur mantan Kasubdit Siber Ditreskrimsus Polda Banten tersebut.