MATABANTEN.COM | Pemilu - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang melantik sebanyak 26.313 Kelompok Penyelengara Pemungutan Suara (KPPS) secara serentak di 35 kecamatan yang ada di Kabupaten Pandeglang. Pelantikan tersebut dilaksanakan di Panitia Pemungutan Suara (PPS) masing-masing.

Ketua Divisi SDM dan Parmas KPU Pandeglang, Falahudin menyebutkan bahwa kegiatan pelantikan KPPS dilakukan secara serentak bukan hanya di Kabupaten Pandeglang melainkan di seluruh Indonesia pada hari ini.

“Untuk jumlahnya itu 26.313 orang sesuai dengan jumlah kebutuhan di TPS. Ini serentak di seluruh Indonesia di pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai, lokasi pelantikan karena yang menetapkan dan yang melantiknya PPS maka dilaksanakan di masing-masing PPS,” kata Falahudin, Kamis (25/1/2024).

Selain dilakukan secara offline, pelantikan tersebut juga disiarkan langsung dengan KPU RI. Kata dia, ada 5 titik kegiatan pelantikan yang disiarkan langsung diantaranya di Desa Palurahan Kecamatan Kaduhejo, Desa Kabayan Kecamatan Pandeglang, Kelurahan Sukaratu Kecamatan Majasari, Kelurahan Cigadung Kecamatan Karangtanjung dan Desa Ciinjuk Kecamatan Cadasari.

Ia menegaskan, para KPPS ini akan langsung bekerja setelah dilantik.

“Setelah Surat Keputusan itu diterima mereka sudah bisa melakukan tugasnya salah satunya kegiatan Bimtek,” terangnya.

Berbeda dengan pelantikan sebelum-sebelumnya, pelantikan KPPS tahun ini dibarengi dengan penanaman pohon usai pelantikan dan setiap KPPS yang dilantik diwajibkan membawa 1 pohon untuk ditanam lahan atau fasilitas milik umum.

“Sesuai dengan instruksi KPU RI setiap KPPS disarankan membawa 1 pohon yang ditanam setelah pelantikan dengan tujuan untuk penghijauan bumi kembali, lokasi penanaman pohon tidak diatur secara rinci tapi disekitar tempat pelantikan atau lokasi milik publik,” tutupnya.