YOGYA - Sejak dibukanya batas antarnegara setelah pandemi Covid-19, UAD berangsur-angsur kembali mengadakan kegiatan rutin secara luring. Di antaranya diskusi akademik antara Akademi Pengkajian Bahasa (APB) Universiti Teknologi MARA (UiTM) Shah Alam Malaysia dan UAD Yogyakarta.

Salah satu kegiatan tersebut adalah kegiatan antara Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Bahasa dan Sastra Arab (BSA) dan Sastra Inggris (Sasing) UAD dengan Akademi Pengkajian Bahasa (APB) Universiti Teknologi MARA (UiTM) Malaysia yang dilaksanakan pada Selasa, (19 Shafar 1445 bertepatan 5 September 2023) di Islamic Center, Kampus Utama UAD.

Rombongan UiTM Malaysia yang dikoordinatori Dr. Muhammad Zaidi bin Zakaria, Dekan Timbalan Dekan Hal Ehwal Pelajar Akademik Pengkajian Bahasa (APB) UiTM Shah Alam disambut oleh UAD yang diwakili Rusydi Umar, S.T., M.T., Ph.D. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik.

Acara ini turut dihadiri Wakil Dekan Fakultas Sastra, Budaya dan Komunikasi, Wajiran S.S., M.A., Ph.D., Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris Sucipto M.Pd.BI., Ph.D.,  (Kepala Kantor Kerjasama dan Urusan Internasional UAD Ulaya Ahdiani, S.S., M.Hum., dan  Kepala Bidang Kerjasama Luar Negeri UAD Ida Puspita, M.A.Res.

Mewakili UAD, Rusydi sangat senang dan bangga dengan kedatangan rombongan Akademik Pengkajian Bahasa (APB) UiTM Shah Alam setelah sebelumnya melawat di UNY dan beberapa kampus di Yogyakarta. “Semoga kerjasama ini tidak berhenti sampai di sini, tapi berlanjut ke depannya,” harap Rusydi.

Kegiatan dilanjutkan presentasi sekaligus promosi Modern Language Olimpiade (MLO) kapada para mahasiswa dan dosen peserta kegiatan. Setelah itu, kegiatan Sharing Best Practices terkait kegiatan akademik dosen dan mahasiswa antara APB UiTM dan tiga prodi UAD. Kegiatan ditutup dengan Campus Tour dengan mengunjungi Museum Muhammadiyah dan beberapa laboratorium kebahasaan di UAD.

Seluruh rangkaian kegiatan diikuti oleh delegasi APB UiTM, dosen dan mahasiswa dari Fakultas Sastra, Budaya dan Komunikasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Agama Islam, Prodi Sastra Inggris, Pendidikan Bahasa Inggris, serta Bahasa dan Sastra Arab. Juga Kantor Kerjasama dan Urusan Internasional UAD.

Kantor Kerjasama dan Urusan Internasional (KKUI) bekerja sama dengan BSA, FAI, PBI FKIP, dan Sastra Inggris  FSBK UAD juga mengadakan kerjasama dan lomba bahasa dengan UiTM Malaysia. (*)